CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 08 Februari 2011

Siput Bercahaya

Wah, cahaya apakah itu? Bersinar terang! Ternyata, bukan cahaya dari lampu tapi dari spesies siput yang bernama Hinea brasiliana .

Cahaya yang keluar dari siput adalah salah satu cara unik untuk menghindari mangsa. Hewan laut ini bisa mengeluarkan cahaya dari cangkangnya.

Sinar yang bisa dipancarkan secara tiba-tiba itu mungkin untuk mengejutkan predator yang akan menyerangnya sehingga siput punya waktu untuk berlindung ke dalam cangkang.
Indah sekali cahaya yang keluar dari cangkang siput ini. Foto: Nerida Wilson, Dimitri Heyn

Nah, hasil temuan ini telah diteliti oleh dua orang ilmuwan dari Scripps Institution of Oceanography di UC San Diego, Dimitri Deheyn dan Nerida Wilson.

Lewat hasil risetnya, peneliti menemukan bahwa cara siput membuang cahaya warna hijau dengan cara yang unik saat menghadapi pemangsa seperti gerakan kepiting dan udang yang berenang.

Cahaya itu disebarkan secara unik lewat sel cangkang siput. Dengan begitu, tubuh siput terlihat lebih besar dan mengejutkan si pemangsa.

Wilson, sang peneliti mengatakan, "Sangat jarang siput dasar laut bisa mengeluarkan cahaya. Lebih mengejutkan lagi ketika tahu siput ini bisa menggunakan cangkang untuk mengoptimalkan cahayanya yang dibuatnya."

Ia juga menemukan bahwa warna cangkang yang kekuningan tidak mematikan warna cahaya yang diproduksi siput, yakni hijau. Justru, cangkang berperan dalam menyebarkan cahaya warna hijau tersebut.
Deheyn mengatakan, adaptasi siput dalam menggunakan cangkang ini sangat menarik bagi penelitian optik dan bioengineering.  

Wah, kalau begitu para peneliti bisa mengembangkan cahaya siput ini untuk membuat temuan lain yang berhubungan dengan optik.

sumber: kidnesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar